Pages

Rabu, 25 April 2012

Cara Memperbaik RAM


Memperbaiki RAM

1. Bersihkan semua pin pada Ram dengan Cotonbud yang diberikan Alkohol 70%. Tujuannya agar kotoran-kotoran yang ada/ menempel pada kaki-kaki RAM bersih.



2. Gunakan Multitester, arahkan switch multester/ avometer Anda ke OHM (?) pilih : x1, x10, x100.

Tempelkan konektor (+) Avometer/ Multitester pada kaki-kaki/pin memori Anda yang rusak. Selanjutnya gesekan kutub/konektor (-) Avometer/ Multitester anda satu arah dan perlahan ke kaki-kaki/pin memori pada sisi yang lain.

Tujuan langkah-langkah diatas adalah agar batterai dari multitester/avometer yang Anda pergunakan dapat membantu mengembalikan arus listrik yang menyumbat pada PIN/kaki-kaki memori tersebut.

Ulangi langkah tersebut secara perlahan di seluruh kaki-kaki/ pin memori yang rusak tersebut.

Tingkat keberhasilan atas perbaikan memory RAM ini hingga 95% seperti yang telah banyak dilakukan para teknisi komputer,

Bila dengan cara ini memori Anda tetap tidak bisa dipergunakan, cobalah untuk melakukan kanibal atas IC sejenis dari memory lainnya.










Cara Memperbaiki RAM
para pembaca blog cara install pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips cara memperbaiki RAM yang rusak. RAM ( Random Access Memory ) sering sekali menjadi penyebab Personal Computer / laptop kita mati. dan asumsi kita adalah RAM tersebut sudah rusak dan harus di ganti.

Padahal sebenarnya RAM ( Random Access Memory ) yang kita nyatakan rusak tadi belum sepenuhnya rusak, masih bisa kita perbaiki. Nah dengan cara yang akan saya berikan ini kita dapat menghemat biaya pembelian RAM baru. Oke sekarang kita mulai pembahasannya.
Peralatan Yang harus di siapkan :
Ram yang diperkirakan rusak
sebuah avometer
Langkah – langkah perbaikan RAM :
Bersihkan mental recall tersebut dengan cara menggosok pin-pin memory tersebut dengan kain dengan tujuan membersihkan, boleh juga diberi Tiner sedikit supaya lebih bersih dari debu, dan gesekan dengan kain tersebut juga akan memancing ion-ion pada pin mental recall menjadi tersimulasi agar konduktornya lebih aktif.
Arahkan skala Avometer pada Ohm (skala untuk mengukur hambatan), bebas boleh pada posisi 1K, 10K, 100K
Ambil jarum disastrous (-) Avometer (kabel warna hitam) lalu tempelkan pada salah satu pin/kaki memory, dan jarum certain (kabel warna merah) gesekan pada pada kumpulan kaki-kaki IC/chipset mental recall ,bila mental recall memiliki 8 buah IC misalnya maka gesekan jarum (+) tersebut ke kaki-kaki 8 IC tersebut.
Silahkan coba pasang mental recall tersebut pada slotnya di Mainboard
Ohya hampir lupa RAM yang bisa di perbaiki dengan cara diatas adalah Ram yang kondisi fisiknya masih bagus tidak ada yang thinly slice yang terbakar atau patah. Saya Rasa cukup sekian bahasan tentang Cara Memperbaiki RAM yang rusak .

Cara Memperbaiki RAM


RAM ( Random Access Memory ) adalah tempat penyimapanan sementara (walaupun ada yang mengunakan untuk jangka waktu yang panjang) dalam sebuah perangkat berbasis komputer. Data yang biasanya disimpan dalam RAM adalah Bios, Binary program dasar suatu komputer untuk mengintegrasikan perangkat-perangkat lainnya.
Begitu pentingnya RAM, sering sekali RAM menjadi penyebab PC / laptop kita mati. dan asumsi kita adalah RAM tersebut sudah rusak dan harus di ganti. Yang sering terjadi memang bila RAM rusak, maka PC maupun laptop kita tidak mau bekerja. Bahkan saat dinyalakan akan terdengar suar BEEP yang keras, yang menandakan ada komponen yang tidak bekerja.
Namun bila kita mau lbih teliti lagi, RAM ( Random Access Memory ) yang kita nyatakan rusak tadi belum tentu atau belum sepenuhnya rusak, dan masih bisa diperbaiki. Nah dengan cara berikut ini kita dapat menghemat biaya pembelian RAM baru.
Peralatan Yang harus di siapkan :
Ram yang diperkirakan rusak
sebuah avometer (multitester)
Langkah – langkah perbaikan RAM :
pertama bersihkan memory dengan cara menggosok pin-pin (berbentuk kotak – IC) memory tersebut dengan kain, yang bertujuan membersihkan. Boleh juga diberi Tiner sedikit supaya lebih bersih dari debu yang menempel. Gesekan dengan kain juga akan memicu ion-ion pada pin memory menjadi tersimulasi agar konduktornya kembali menjadi lebih aktif.
Arahkan skala Avometer pada Ohm ( Ω - skala untuk mengukur hambatan), boleh pada posisi 1K, 10K, 100K.
Kemudian jarum negative (-) Avometer (kabel warna hitam) ditempelkan pada salahsatu pin/kaki memory, dan jarum positive (kabel warna merah) digesekan pada pada kumpulan kaki-kaki IC/chipset memory ,bila memory memiliki 8 buah IC misalnya maka gesekan jarum (+) tersebut ke kaki-kaki 8 IC tersebut.

Sekarang pasang kembali di slot memori yang tersedia,dan coba hidupkan PC atau laptop anda.
Tips diatas hanya untuk memory dengan kondisi fisik yang masih utuh, maksudnya tidak ada pin/kaki yang terbakar, atau bahkan patah.

2 komentar:

  1. Pc sy kalau dihidupkan keluar bunyi beep pendek 3x terus menerus, sy coba cabut ramnya dan pasang di pc teman ternyata pcnya bisa nyala. Itu knp ya gan...? Vga dan prosesorpun sdh dibersihkan.Thx sblumnya.

    BalasHapus